Strategi Implementasi ERP
Menyiapkan Landasan Transformasi Bisnis Perusahaan

Banyak berita menyebutkan bahwa implementasi ERP di berbagai perusahaan tidak memberikan hasil sesuai yang diharapkan, bahkan cukup banyak yang menyatakan implementasi ERP mereka 'gagal'.

Perusahaan harus merumuskan strategi implementasi ERP ini secara cermat mengingat dampak dari implementasi ini akan sangat mempengaruhi pola kerja operasional ke depan. Apalagi jika implementasi ERP merupakan bagian dari agenda strategis perusahaan dalam rangka menyiapkan landasan bagi perusahaan untuk melakukan transformasi bisnis.

ERP sebagai Landasan Transformasi Bisnis Perusahaan

Transformasi perusahaan merupakan langkah strategis yang harus dilakukan untuk mempertahankan eksistensi perusahaan hingga puluhan tahun ke depan.

Dalam bertansformasi, perusahaan melakukan peningkatan kapabilitas-kapabilitas operasional yang ada dan bahkan membangun kapabilitas-kapabilitas baru. Dalam mengembangkan kapabilitas ini tentunya perusahaan perlu memanfaatkan berbagai teknologi yang sesuai, termasuk teknologi informasi seperti sistem ERP.

Dalam praktiknya, penerapan sistem ERP ini menjadi inisiatif yang harus dilakukan di tahap awal, karena ERP inilah yang akan menjadi enabler pengembangan kapabilitas perusahaan. Hal ini berarti sistem ERP merupakan salah satu landasan/pondasi bagi perusahaan untuk menjalankan agenda transformasi, termasuk transformasi digital.

Value Delivery & Risk Management

Prinsip utama dari implementasi ERP adalah value delivery atau kontribusi manfaat bagi bisnis perusahaan, bukan sekedar adopsi teknologi IT.

Implementasi ERP juga menjadi bagian dari Risk Management perusahaan untuk memitigasi risiko-risiko operasional dan bisnis perusahaan.


Strategi Implementasi ERP

Seringkali Implementasi ERP dianggap sebagai proyek yang menjadi tanggung jawab Divisi TI di perusahaan. Hal ini sering menjadi faktor penyebab gagalnya implementasi sistem ERP.

Seperti yang disampaikan di atas, sistem ERP adalah sistem pendukung untuk pengembangan kapabilitas operasinal/bisnis. Stakeholder utama dari inisiatif ini adalah pengguna sistem ERP ini. Setup dan konfigurasi sistem aplikasi yang biasanya menjadi tugas tim IT hanyalah sebagian kegiatan teknis dalam proyek ERP.

Konsultan ERP

Perusahaan dapat memanfaatkan jasa konsultan ERP untuk membantu pelaksanaan implementasi ERP, sehingga perusahaan dapat fokus kepada agenda transformasi, bukan terjebak kepada detail isu teknis sistem ERP.

Bahkan dengan penerapan strategi full managed service atau implementasi sistem ERP dengan pola SaaS juga akan membantu tim IT untuk fokus kepada agenda strategis di bidang IT, dengan tetap memberikan layanan prima kepada business user.

...

Sampaikan pemikiran Anda, atau  kontak kami 

Strategi Implementasi ERP
Achmad Tholchah, CGEIT 3 Oktober, 2021
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Enterprise Architecture
Arsitektur Perusahaan